Senin, 10 Desember 2012

PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA




A.    Pengertian Transportasi

Transportasi adalah pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah wahana yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Di negara maju, mereka biasanya menggunakan kereta bawah tanah (subway) dan taksi. Penduduk disana jarang yang mempunyai kendaraan pribadi karena mereka sebagian besar menggunakan angkutan umum sebagai transportasi mereka. Transportasi sendiri dibagi 3 yaitu, transportasi darat, laut, dan udara. Transportasi udara merupakan transportasi yang membutuhkan banyak uang untuk memakainya. Selain karena memiliki teknologi yang lebih canggih, transportasi udara merupakan alat transportasi tercepat dibandingkan dengan alat transportasi lainnya.

PENGERTIAN GEOGRAFI TRANSPORT
Geografi transport yaitu diskripsi yang menyeluruh antara aspek manusia dan aspek alat baik dari tenaga maupun dari lingkungan sekitar seperti alat transportasi memakai tenaga hewan. Fokus kajiannya adalah interelasi, interaksi dan integrasi antara aspek alam dan manusia dalam suatu ruang tertentu. Dan mempunyai tujuan mempermudah komunikasi.[1]

B.     Perkembangan Transportasi

Perkembangan transportasi sekarang membawa dampak kehidupan yang lebih baik. Tenaga manusia berpindah menjadi tenaga mesain sehingga mempermudah masyarakat untuk melakukan aktifitas walaupun tempat tersebut jauh. Namun Kemacetan yang semakin banyak di jalan karena jumlah kendaraan pribadi tidak sebanding dengan peningkatan kapasitas jalan.Semakin banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan umum, semakin efektif pula penggunaan jalan raya. Dengan kata lain, kendaraan umum merupakan salah satu pemecahan masalah yang dihadapi hampir semua kota besar di dunia  kemacetan.

Teknologi transportasi masa lalu dan masa kini
a.) Transportasi darat
Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi yang masih sederhana. Sebelum ditemukan mesin, alat transportasi seperti Description: http://tugino230171.files.wordpress.com/2011/12/tranportasi-darat.png?w=593pedati, delman, dan kuda merupakan alat transportasi andalan. Teknologi transportasi tersebut masih menggunakan tenaga hewan dan manusia. Kemampuan jelajahnya juga masih sangat terbatas dan memerlukan waktu yang lama. Sekarang orang masih menggunakan alat transportasi tersebut namun tidak menjadi alat utama. Seringkali kuda dan delman digunakan sebagai sarana rekreasi saja
Sejak ditemukan mesin uap, berkembang pula kendaraan bermesin lainnya. Alat transportasi bermesin seperti sepeda motor, mobil, kereta api merupakan alat transportasi yang modern. Dengan alat transportasi tersebut, jarak jauh dapat ditempuh dalam waktu yang singkat.[2]
Selain untuk mengangkut barang,manusia yang memiliki mobilitas yang tinggi juga perlu bepergian,kemudian diciptakanlah kendaraan yang selain cepat juga memberikan kenyamanan dalam perjalanan. Dengan bus dan kereta api misalnya,sejumlah besar orang dapat diangkut sekaligus yang membuat ongkos angkutnya lebih murah. Selain itu,waktu tempuh yang dirasakan pun akan terasa lebih cepat.
Adapun risiko yang sering dialami dengan penggunaan kendaraan bermotor adalah tabrakan yang sering menimbulkan kefatalan terhadap manusia itu sendiri. Yang aneh bahwa kereta api yang memiliki jalur khusus pun dapat tabrakan. Korbannya sering jauh lebih besar daripada mobil yang disebabkan adanya kesalahan manusia ( human error ). Kereta api Prancis dan Jepang misalnya,memiliki daya laju lebih dari 300 km per jam. Bila sampai terjadi kecelakaan,manusia yang menjadi korban bukan saja mati,melainkan hancur luluh!!

b.) Transportasi air
Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi air seperti perahu dayung, rakit, dan perahu layar. Perahu dayung dan rakit Description: http://tugino230171.files.wordpress.com/2011/12/transportasi-air.png?w=593digerakkan oleh kekuatan tenaga manusia. Sedangkan perahu layar digerakkan oleh tenaga angin dan tenaga manusia. Seiring dengan ditemukannya mesin bermotor, masyarakat kini menggunakan perahu bermotor dan kapal sebagai alat transportasi air. Kapal-kapal modern dapat mengangkut barang berton-ton serta dapat menempuh jarak yang sangat jauh. Bahkan kini sebuah kapal besar dapat digunakan sebagai landasan pesawat tempur. Kapal ini dinamakan kapal induk.
Dan di sini mayoritas membahas transportasi laut.Angkutan laut memiliki beberapa kelebihan daripada angkutan darat,antara lain :
·         Dapat mengarungi perairan yang tidak mungkin dilakukan angkutan darat
·         Kapal dirancang lebih besar lagi karena ruang geraknya lebih bebas daripada angkutan darat. Dibangun kapal peti emas yang mampu membawa ratusan peti emas,kapal tanker yang mampu membawa ribuan ton bahan bakar,kapal induk yang mampu membawa peralatan berupa pesawat terbang sehingga disebut juga pulau terapung
·         Kapal laut dapat menjelajah ke negara yang memiliki pelabuhan-pelabuhan dunia. Karena itu timbullah sebutan “laut bukan pemisah,justru menjadi penghubung.
Dunia terasa semakin sempit berkat transportasi laut,zaman Columbus orang masih memakai layar demi memperoleh energi angin,zaman  Revolusi Industri I dipergunakan kapal api yang memanaskan air sehingga menimbulkan uap sebagai energi,zaman Revolusi Industri II orang memakai kapal motor (KM) yang ukuran dan dayanya lebih tinggi daripada kapal-kapal sebelumnya.
Telah diantisipasi agar risiko kapal laut dapat diperkecil,namun kecelakaan tetap saja terjadi dan menjadi berita dunia karena korbannya besar. Sebagai contoh,dua peristiwa berikut telah menjadi kenangan getir bagi manusia.
Tahun 1912 kapal Titanic milik Inggris merupakan kapal pesiar terbesar dan termewah di dunia. Dalam pelayaran perdana dari Southampton (Inggris) ke New York (Amerika Serikat) pada tanggal 12 April 1912,kapal tersebut melanggar gunung es (menurut pendapat baru akibat konstruksi kapal yang kurang sempurna) di sekitar Banks of New Foundland dalam kecepatan penuh (41,7 km per jam). Dalam tempo 2 jam 40 menit kapal tersebut tenggelam, 2.206 penumpang dan 1.503 awak kapal meninggal.Dalam kapal tidak ada sekoci penyelamat,karena orang terlalu percaya pada kehebatan kapal tersebut dan manusia juga yang menjadi korban ciptaannya.
Musibah laut yang terjadi di Indonesia menimpa kapal Tampomas II millik PT Pelni (Pelayaran Nasional Indonesia). Kapal bekas Great Emerald terbakar di Laut Masalembo dan tenggelam di dasar laut dengan korban 600 orang (25 Januari 1981). Walaupun keluarga korban memperoleh asuransi kerugian,namun nyawa tidak mungkin kembali. Akibat kapal bekaskah atau kecerobohan manusia? Entahlah, tidak ada sebab resmi yang dapat dikeluarkan![3]

c.) Transportasi udara
Kamu tentu pernah melihat pesawat terbang, baik secara langsung maupun lewat televisi. Pesawat terbang merupakan angkutan udara Description: http://tugino230171.files.wordpress.com/2011/12/pesawat-terbang.png?w=593yang sangat canggih. Perjalanan pesawat terbang lebih cepat dibandingkan dengan angkutan darat atau angkutan laut. Sekarang terdapat berbagai jenis alat angkutan udara antara lain helikopter, pesawat tempur serta pesawat penumpang. Bahkan kini manusia dapat menjelajah luar angkasa dengan menggunakan pesawat luar angkasa.
Manusia menciptakan pesawat terbang meniru keperigalan  burung terbang.Kelebihan pesawat terbang antara lain pertama,daya gerak atau terbangnya lebih cepat,kedua,daerah jelajahnya lebih bebas.
Kekurangan angkutan udara dibandingkan  dengan yang lain adalah diperlukan teknologi yang tinggi agar mampu terbang dengan aman.Sebab,daya tarik bumi yang kuat menyebabkan pesawat selalu tertarik ke bawah (gravitasi) dan terjadi waktu mesin mati,sehingga tidak mampu bertahan di angkasa. Mobil mogok masih di darat,kapal laut mogok masih  terapung-apung,tetapi pesawat terbang mogok berarti jatuh dan fatal bagi penumpangnya.[4]
C.   Kelebihan dan Kekurangan Teknologi
Teknologi masa lalu maupun masa kini memiliki kelebihan dan kelemahan. Pada penjelasan di atas yang banyak nampak adalah kelemahan teknologi masa lalu dan kelebihan teknologi masa kini. Misalnya teknologi masa lalu lebih lambat sedangkan teknologi masa kini lebih cepat. Namun sebenarnya teknologi masa lalu juga memiliki kelebihan. Sebaliknya teknologi masa kini juga memiliki kelemahan.
Pada umumnya teknologi masa lalu masih menggunakan tenaga manual yakni hewan, angin ataupun manusia. Selain itu prosesnya juga lama atau lambat. Namun di sisi lain teknologi masa lalu memiliki kelebihan yakni hampir semua bebas polusi. Baik polusi udara, polusi suara maupun polusi lainnya. Sedangkan teknologi masa kini memiliki kelebihan prosesnya cepat. Namun di sisi lain memiliki kelemahan yakni menimbulkan polusi. Seperti polusi udara, tanah, air dan suara. Polusi udara menyebabkan napas menjadi sesak.
Teknologi masa kini khususnya teknologi transportasi juga rawan menimbulkan kecelakaan. Di negara kita ratusan orang meninggal tiap tahun karena kecelakaan lalu lintas. Baik di darat, laut maupun udara. Hal ini banyak disebabkan oleh faktor manusia yang lalai dan ceroboh.
Kelemahan teknologi masa kini menjadi koreksi kita bersama. Sekarang kita menghadapi masalah justru karena kecanggihan teknologi. Pencemaran air, tanah, udara, dan suara terjadi di mana-mana. Untuk kalian yang tinggal di kota besar tentu sudah merasakan bisingnya suara kendaraan bermotor, mesin-mesin pabrik, pesawat terbang dan hawa yang begitu panas.
Untuk itu saat ini masyarakat banyak dihimbau agar menggunakan kendaraan bermotor seperlunya saja. Bahkan di Jakarta dilarang menggunakan mobil yang isinya kurang dari 3 orang. Hal ini selain menghindari kemacetan juga mengurangi polusi udara dan suara. Marilah kita pilih teknologi yang ramah lingkungan![5]
D.  Dampak Transportasi
1.)    Dampak Positif
Dengan diterapkannya ilmu pengetahuan alam dan teknologi modern,orang dapat membuat sarana transportasi,misalnya sepeda motor,mobil,bus,kereta api,kapal laut,pesawat terbang,dan lain-lain.Sarana transportasi tersebut sangat efektif dan efisien daripada memakai alat transportasi pada zaman dulu,misalnya kuda,naik kereta kuda,atau kapal layar.
2.)    Dampak Negatif
·         Timbulnya pencemaran suara (kebisingan) dan pencemaran udara.Hal tersebut dapat diakibatkan dari konstruksi alatnya maupun ulah orang-orang yang kurang bertanggung jawab dalam menggunakannya.
·         Sarana transportasi yang menggunakan bahan bakar minyak bumi menyebabkan iritasi pada mata,kulit,saluran pernafasan,serta paru-paru.
·         Dengan perkembangan teknologi,perubahan alam menjadi tidak estetis
·         Pencemaran suara dan pencemaran udara dapat mengganggu psikologismaupun fisiologis manusia.
·         Berkurangnya lahan-lahan pertanian yang produktif karena dipakai untuk menampung kebutuhan akan jasa transportasi.[6]











KESIMPULAN

Ø  Transportasi adalah pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah wahana yang digerakkan oleh manusia atau mesin
Ø  Transportasi dibagi menjadi 3, yaitu transportasi darat, laut dan udara.
Ø  Geografi transport yaitu deskripsi yang menyeluruh antara aspek manusia dan aspek alat baik dari tenaga maupun dari lingkungan sekitar seperti alat transportasi memakai tenaga hewan.
Ø  Perkembangan transportasi sekarang membawa dampak kehidupan yang lebih baik. Semakin banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan umum,semakin efektif pula penggunaan jalan raya. Namun ada pula dampak negatifnya.
Ø  Pada umumnya teknologi masa lalu masih menggunakan tenaga manual yakni hewan angin ataupun manusia. Selain itu prosesnya juga lama atau lambat. Namun di sisi lain teknologi masa lalu mamiliki kelebihan yakni hampir semua bebas polusi.
Ø  Teknologi masa kini khususnya teknologi transportasi juga rawan menimbulkan kecelakaan.











DAFTAR PUSTAKA

Supartono.2004.Ilmu Alamiah Dasar.Bogor:Ghalia Indonesia
Hidayat,nur dan Mawardi.2004.Ilmu Alamiah Dasar,Ilmu Sosial Dasar,Ilmu Budaya dasar.Bandung:Pustaka setia
Jasin,maskoeri.1998.Ilmu Alamiah Dasar.Jakarta:Raja Grafindo Persada










[1]http://tugasakhiramik.blogspot.com /di akses tanggal 8 Mei 2012 pada pukul 15.20 WIB
[2]http://tugino230171/wordpress.com / di akses tanggal 8 Mei 2012 pada pukul 15.20 WIB
[3]Supartono.Ilmu Alamiah Dasar.Hal.187-188
[4]Ibid.
[5]http://tugino230171/wordpress.com / di akses tanggal 8 Mei 2012 pada pukul 15.20 WIB

[6]Mawardi.Nur Hidayati.Ilmu Alamiah Dasar,Ilmu Sosial Dasar,Ilmu Budaya Dasar.Hal.122-123

1 komentar: